Tingkatkan Kualitas Layanan BPTU HPT Pelaihari Gelar Forum Konsultasi Publik
BPTU- HPT Pelaihari kembali menggelar Forum Konsultasi Publik pada hari Rabu tanggal 28 Mei 2025. Forum ini dihadiri 60 peserta Perwakilan Dinas Kab/Kota Yang membidangi fungsi peternakan di Provinsi Kalsel, Satker Pusat, Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Kejuruan, HPDKI dan seluruh perwakilan Peternak Itik, Kambing dan sapi mitra BPTU HPT Pelaihari.
"Kegiatan Forum Konsultasi Publik yang kami adakan bertujuan untuk mensosialisasikan serta mendapatkan masukan dari masyarakat terkait standar pelayanan publik yang telah kami bangun sesuai amanat dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, yang menyebutkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun dan menetapkan standar pelayanan serta mengikutsertakan masyarakat dan pihak terkait." Ungkap Kepala BPTU-HPT Pelaihari drh. Samsul Fikar, M.Pt dalam sambutannya sekaligus membuka pelaksanaan FKP.
Selanjutnya Kepala Balai juga menyampaikan bahwa BPTU-HPT Pelaihari terus berupaya melakukan perbaikan dengan terus berinovasi dan juga terus meningkatkan populasi dan produksi bibit ternak unggul yang memiliki standar SNI. Selain itu penerapan prinsip Senyum, Ramah, Santun dan Ikhlas (SERASI) kepada setiap pelanggan/tamu yang datang ke BPTU-HPT Pelaihari terus diterapkan.
Penanganan komplain pelanggan menggunakan prinsip Responsif, Tepat dan Solution. Ini semua dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Peternakan.
Hadir dalam Forum ini Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Selatan selaku lembaga negara yang berwenang mengawasi pelaksanaan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh peyelenggara negara maupun pemerintah. Dalam paparannya Benny Sanjaya selaku perwakilan ombudsman menyatakan bahwa layanan Pelayanan Publik yang dilaksanakan terstandar, merupakan wujud komitmen penyelenggara
layanan terhadap kepatuhan asas umum pemerintahan yang baik.
Pada kesempatan ini selain menyampaikan standar pelayanan publik, BPTU HPT Pelaihari juga meluncurkan inovasi layanan yaitu HaloAlmo yang merupakan layanan online untuk konsultasi dan akses petunjuk pemeliharaan ternak.
Forum ini menghasilkan kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara FKP yang selanjutnya akan ditindaklanjuti BPTU HPT Pelaihari untuk perbaikan layanan publik ke depan.